Newsticker : Home | Guestbook | Arsip | Epaper
Berita Rubrik Kaltim
Jumat, 4 Oktober 2013

18 Paket Multiyears Disepakati

Bersama KUA PPAS Perubahan dan KUA PPAS 2014

TANJUNG REDEB. DPRD Berau bersama Pemkab menyepakati 18 paket kegiatan yang akan dikerjakan dengan sistem tahun jamak atau multiyears hingga tahun 2015 mendatang. Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatangan berita acara melalui rapat pleno yang digelar di gedung DPRD Jalan Gatot Subroto, Tanjung Redeb, Kamis (3/10) kemarin. Berita acara ditandatangani Bupati Makmur HAPK, bersama Ketua DPRD Berau Elita Herlina dan dua Wakil Ketua DPRD Berau yaitu Saga dan Muharram. Selain itu, dalam rapat yang sama juga disepakati penetapan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) perubahan tahun anggaran 2013. Maupun penetapan KUA PPAS untuk tahun anggaran 2014.
Ketua DPRD Elita Herlina mengungkapkan, sebelum penetapan telah dilakukan pembahasan oleh tim anggaran pemerintah kabupaten bersama jajaran DPRD Berau. Dari pembahasan yang cukup panjang itu, ditetapkan beberapa program prioritas yang memang harus dikerjakan secara multiyears dan selesai sebelum masa jabatan kepala daerah berakhir pada 2015 mendatang.
Sedangkan terkait ketetapan KUA PPAS, sesuai isi berita acara dapat berubah dengan penambahan atau pengurangan program dan kegiatan, sesuai dengan kondisi yang ada saat penyusunan rancangan APBD yang berjalan.
"Untuk multiyears ini merupakan pekerjaan konstruksi yang jadi satu kesatuan, di mana pekerjaan lebih dari satu tahun, sehingga perlu dijadikan kegiatan tahun jamak," jelasnya.
Sementara untuk penyusunan RAPBD Perubahan, seiring dengan ditetapkannya KUA PPAS perubahan, diharapkan elite Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk dapat segera menyusun RAPBD dan disampaikan sesuai jadwal yang ditetapkan. Dari ketetapan Badan Musyawarah (Banmus), penyampaian RAPBD dijadwalkan 17 Oktober dan pengesahan sudah bisa dilaksanakan pada 25 Oktober mendatang.
"Kita harap bisa lebih cepat dan kita di DPRD akan memberikan dukungan penuh untuk cepatnya penyampaian dan penetapan APBD perubahan ini," tegas Elita.
Bupati Berau Makmur HAPK mengungkapkan kalau penyampaian KUA PPAS memang mengalami keterlambatan, dan berdampak kepada keterlambatan penetapan KUA PPAS dan RAPBD perubahan. Namun dengan sisa waktu yang ada ini, ia berharap seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dapat segera menyusun program dan kegiatan yang masuk RAPBD, untuk disampaikan dan dibahas kembali.
"Kita berharap dapat lebih cepat dari jadwal yang telah ditetapkan," tandasnya.
Selain itu, untuk program dan kegiatan yang menjadi paket multiyears, disebutkan Makmur merupakan kegiatan prioritas yang memang menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Juga ada beberapa kegiatan lanjutan yang memang harus dilaksanakan, seperti pembangunan turap di Kecamatan Gunung Tabur dan Sambaliung, serta kelanjutan pembangunan komplek SMK 3 di Tanjung Batu.
"Ini kegiatan yang memang prioritas dan kita berharap semua tuntas sebelum 2015," tandasnya. (rm-7/lee)

Edisi Sapos
  • Jumat, 28 Agustus 2015
Search
Advertorial News
Dahlan Menyapa lewat Video

SEJAK diluncurkan 7 Juni lalu, situs www.gardudahlan.com telah dikunjungi lebih…

Copyright @ 2010 Media Link. All Rights Reserved.