Newsticker : Home | Guestbook | Arsip | Epaper
Berita Rubrik Kaltim
Minggu, 28 Desember 2014

Beberapa Cabor Butuh Pelatih Fisik



JAKARTA. Menjelang SEA Games XXVIII/2015 kebutuhan pelatih fisik di beberapa cabang olahraga (cabor) cukup mendesak. Dari data pelatih yang disetor untuk persiapan SEA Games Singapura tak ada satu pun cabor yang spesifik menuliskan soal jabatan pelatih fisik.
Hal tersebut ingin diperbarui Kasatlak Prima Suwarno menjelang SEA Games yang tinggal enam bulan. Rencananya dalam Surat Keputusan (SK) per 1 Februari mendatang sekitar sepuluh sampai 12 cabor akan ditunjang pelatih fisik.
"Keberadaan pelatih fisik ini penting untuk ada di tiap cabor. Dari hasil tes fisik kemarin saja, bisa dilihat ada beberapa cabor yang performa fisik atletnya masih di bawah standar. Misalnya seperti boling," tutur Warno, sapaan Suwarno.
Beberapa cabor mengaku belum membutuhkan pelatih fisik kepada Satlak Prima. Sebab pelatih yang biasanya menangangi cabor untuk latihan biasanya sudah memiliki bekal soal latihan fisik untuk atletnya.
"Karena itu kami segera mengajukan penyediaan pelatih fisik bagi cabor yang menggelar pelatnas SEA Games 2015 Singapura kepada Kemenpora agar bisa segera dipenuhi dan difasilitasi pada SK 1 Februari," ucap mantan Pangdam V/Brawijaya tersebut.
Di sisi lain, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Djoko Pekik Irianto mengatakan keberadaan pelatih fisik memang mempunyai peran yang cukup sentral. Apapun jenis cabor, kemampuan fisik yang prima perlu diperhatikan dalam mencetak prestasi di ajang internasional.
"Saya contohkan panahan. Mereka menarik dan melepas anak panah itu kan diantara dua detak jantung. Bagaimana bila fisiknya tidak siap, dan akhirnya jantungnya berdetak terlalu cepat. Momentum melepaskan anak panah akan sulit didapatkan," tutur Djoko.
Kemenpora akan mencoba untuk memfasilitasi keberadaan pelatih fisik tersebut untuk bisa dimasukkan dalam SK Prima 2015. Akan tetapi sebagai catatan keberadaan pelatih fisik juga akan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. (dra/jpnn/nin)

Edisi Sapos
  • Senin, 27 April 2015
Search
Advertorial News
2 Hotel Murah Dengan Fasilitas Terbaik di Palembang

Saatnya berlibur bukan berarti waktunya menguras dompet sampai habis-habisan. Ketika…

Copyright @ 2010 Media Link. All Rights Reserved.