Newsticker : Home | Guestbook | Arsip | Epaper
Berita Rubrik Kaltim
Jumat, 13 Februari 2015

IPPKINDO Gandeng Pemkot

Gelar Expo UKM Binaan ASEAN

SAMARINDA. Guna memacu perkembangan sektor ekonomi Usaha Kecil Menegah (UKM) menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Ikatan Pemberdayaan Pedagang Kecil Indonesia (IPPKINDO) akan menggandeng Pemkot Samarinda dalam gelaran Expo 2015. Rencananya, pameran pemberdayaan UKM yang akan digelar di Kota Tepian ini, akan berlangsung Juni mendatang.
Dalam pertemuan dengan Wakil Wali Kota Nusyirwan Ismail, Ketua Umum Dewan Perwakilan Pusat (DPP) IPPKINDO, Titik Cacuk Sudarijanto mengatakan bahwa pameran itu dimaksudkan sebagai sarana tolak ukur keberhasilan pemberdayaan UKM Indonesia, terutama dalam menyongsong MEA 2015. ”Untuk itu expo nanti cakupannya akan kita perluas dengan menampilkan UKM binaan negara Asean,” sebutnya.
Ditambahkannya, Samarinda ditunjuk dalam penyelenggaraan pameran ini karena melihat pemberdayaan UKM yang berjalan postif. Apalagi angka pertumbuhan ekonomi Samarinda berada di atas rata-rata nasional, sehingga pihaknya tertarik untuk menggelar gebyar IPPKINDO di sini. ”Semoga misi ini bisa berjalan sesuai harapan kita, karena apabila pameran ini bisa berlangsung, tentunya memberikan dampak positif bagi peserta, baik berupa tukar pengalaman maupun sebagai ajang promosi produk asli masing–masing daerah mereka,” tuturnya, yang siang itu didampingi Ketua IPPKINDO  Kaltim, M Khalil.
Sementara itu, Wakil Wali Kota Samarinda Nusyirwan Ismail sangat menyambut baik langkah IPPKINDO yang memilih Samarinda sebagai lokasi penyelenggaraan pameran pemberdayaan UKM. “Tentunya ini menjadi kesempatan yang bagus bagi UKM kita dalam mempromosikan produk lokal, yang sekarang ini juga tidak kalah menarik dengan produk dari luar daerah,” kata Wawali.
Oleh karena itu, lanjutnya, pemerintah sangat mendukung. Sebab menurutnya, pemberlakuan pasar bebas regional MEA tahun ini, akan memengaruhi seluruh aspek perekonomian Indonesia, terutama bisnis daerah. “Jadi saya rasa siap atau tidak, semua pelaku usaha maupun pemerintah dituntut untuk mempersiapkan daya saing pelayanan,” urai Nusyirwan.
Ia menginginkan agar momen penting, termasuk expo yang akan diselenggarakan nanti, bisa dijadikan sarana dalam mengembangkan semua potensi daerah, guna meningkatkan kekuatan ekonomi nasional untuk menghadapi persaingan bisnis dengan pesaing dari negara lain. ”Jadi sekali lagi kami sangat menyambut baik expo digelar di Samarinda, bahkan kalau saya boleh berikan saran pameran nanti bisa digelar di area Stadion Madya Sempaja, karena tempat tersebut sangat mendukung untuk dilakukannya event nasional seperti expo tadi,” tutup Wawali. (*/lee)

Edisi Sapos
  • Kamis, 30 Juli 2015
Search
Advertorial News
Dahlan Menyapa lewat Video

SEJAK diluncurkan 7 Juni lalu, situs www.gardudahlan.com telah dikunjungi lebih…

Copyright @ 2010 Media Link. All Rights Reserved.