Newsticker : Home | Guestbook | Arsip | Epaper
Berita Rubrik Olahraga Nasional
Sabtu, 18 Januari 2014

ISL 2014 Dalam 118 Hari

Persipura Langsung di Matchday Perdana

JAKARTA. PT Liga Indonesia (PT LI) akhirnya resmi merilis serangkaian jadwal Indonesia Super League (ISL) 2014. Setelah tertunda beberapa hari, waktu gelaran ke-24 matchday sudah ditentukan PT LI. Dimulai pada 1 Februari mendatang, ISL 2014 ini bakal memakan waktu 118 hari.
Jumlah hari sebanyak itu akan dilangsungkan mulai 1 Februari dan diakhiri dengan babak final pada 15 Nopember mendatang. Rinciannya, 103 hari dihabiskan untuk kompetisi reguler yang terbagi menjadi dua wilayah, 12 hari untuk babak delapan besar, dua hari untuk semifinal dan sehari sisanya untuk babak final.
Praktis, dengan jadwal yang lumayan padat seperti itu, hampir setiap hari tidak pernah ada yang terlewatkan tanpa pertandingan. Kecuali jika ada jeda kompetisi, baik dikarenakan ada agenda timnas ataupun agenda politik. Total, bakal ada 220 pertandingan yang dimainkan dalam ISL 2014 nanti. Sekalipun jauh hari sudah menegaskan tidak akan ada pembukaan khusus untuk ISL tahun ini, pertandingan pertama tetap akan melibatkan klub juara tahun lalu, Persipura Jayapura. Di stadion Mandala, Jayapura, Persipura bakal bermain dua jam lebih awal menghadapi Persela Lamongan.
"Seperti pada musim-musim sebelumnya, ISL tahun ini tetap akan dibuka dengan juara bertahan sebagai salah satunya,"" ujar CEO PT LI Joko Driyono, ketika ditemui di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, kemarin (17/1). Selain di Jayapura, secara keseluruhan ada lima laga di hari pertama ISL 2014.
Selain dari jumlah pertandingan, untuk siaran langsung televisi pun lebih meningkat ketimbang di ISL musim lalu. Pada ISL 2013, total ada 180 pertandingan yang disiarkan secara langsung. Dan untuk musim ini tercatat sebanyak 200 pertandingan yang disiarkan. Nantinya, dua stasiun televisi swasta dipercaya untuk menyiarkan pertandingan ISL tersebut.
Sekalipun dilangsungkan pada 1 Februari, PT LI sepertinya masih memberikan waktu bagi klub kontestan ISL untuk membongkar pasang komposisi timnya. Namun, waktu yang diberikan tidak akan lama, hanya berkisar tiga pekan. Rencananya, untuk pendaftaran pemain ISL 2014 bakalan ditutup pada 23 Februari nanti.
Hanya, diberlakukannya penutupan pendaftaran pemain ISL 2014 itu tidak serta merta langsung disahkan PT LI pada hari itu juga. "Setelah pendaftarannya ditutup, maka pemain baru akan disahkan PT LI per tanggal 28 Februari 2014," ungkap pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI itu.
Dihubungi secara terpisah, pelatih Persipura Jacksen Ferreira Tiago mengaku belum mengetahui secara detail terkait penjadwalan ISL 2014. Termasuk dengan laga hari pertama yang semestinya mereka jalani. Sebab, hanya tiga hari berselang dengan berakhirnya masa pemusatan latihan di Batu, 28 Januari nanti.
"Dan itu sama sekali tidak akan mengubah rencana pemusatan latihan kami. Karena sebelumnya kan kami sudah mendapatkan gambaran pertandingan pertama dari draft jadwal yang dikirimkan kepada kami beberapa waktu lalu. Itu yang menjadi patokan kami untuk menentukan jadwal di pemusatan latihan," pungkasnya. (ren/jpnn/upi)

Edisi Sapos
  • Kamis, 26 Maret 2015
Search
Advertorial News
2 Hotel Murah Dengan Fasilitas Terbaik di Palembang

Saatnya berlibur bukan berarti waktunya menguras dompet sampai habis-habisan. Ketika…

Copyright @ 2010 Media Link. All Rights Reserved.