Newsticker : Home | Guestbook | Arsip | Epaper
Berita Rubrik Utama
Sabtu, 11 Januari 2014

Banyak Caleg Belum Registrasi Algaka

Didominasi Parpol Besar, Kesbang Mengaku Kesal

SANGATTA. Meski Pemilu Legislatif (Pileg) tinggal beberapa bulan, namun masih Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu yang belum menyelesaikan sejumlah persyaratan. Seperti syarat melakukan registrasi adminitrasi di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kebangpol) Kutim sebagai syarat legal melakukan pemasngan Alat Peraga Kampanye (Algaka). Terutama dari 5 Parpol besar dan satau Parpol baru yang hingga kini belum mengindahkannya."Kami menyayangkan sikap Parpol besar itu, karena sampai saat ini terkasan tidak menggubris," kata Sekretaris Kesbangpol Kutim Syahrir.
Padahal, pelaksanaan Pemilu 2014 tinggal tiga bulan. Ia menyebut lima Parpol besar yang sampai sekarang tidak melakukan registrasi administrasi caleg dan parpol itu. DI antaranya Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), serta Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Berikut ada Partai Bulan Bintang (PBB) sebagain Parpol baru. Sementara Parpol yang sudah melapor dan melakukan registrasi administrasi di antaranya Partai Persatuan Pembangunan (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Demokrat (PD), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).
Syahrir mengatakan, memang sudah ada Caleg yang melakukan registrasi administrasi ke Kesbangpol, namun belum semuanya. DI antaranya seperti PAN , PKS, PKB dan Hanura. Tapi kalau Partai Golkar itu belum ada satu Calegnya yang datang melapor untuk diregistrasi. Karena itu, melalui kesempatan ini pihaknya mengimbau agar Parpol dan Caleg segera melakukan registrasi administrasi. Karena ini merupakan kewajiban sesuai peraturan yang berlaku. "Parpol dan caleg yang melakukan registrasi di Kesbangpol tidak dipungut biaya, semuanya gratis. Hanya datang melapor kemudian distempel, " terang Syahrir.
Berdasarkan surat KPU nomor 93/Kpts/KPU-KUTIM/021436090/2013, bahwa Satpol PP saat melakukan razia penertiban berhak dan wajib menurunkan Algaka Caleg yang tidak melakukan registrasi. (jn/yes).
 
 

Edisi Sapos
  • Selasa, 28 Juli 2015
Search
Advertorial News
Dahlan Menyapa lewat Video

SEJAK diluncurkan 7 Juni lalu, situs www.gardudahlan.com telah dikunjungi lebih…

Copyright @ 2010 Media Link. All Rights Reserved.