Newsticker : Home | Guestbook | Arsip | Epaper
Berita Rubrik Utama
Jumat, 18 April 2014

Banyak KPPS Tidak Tertib Administrasi

Penghitungan Suara Dilakukan Besok

SAMARINDA. Penghitungan surat suara Pileg telah memasuki tahap di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Beberapa PPK kecamatan telah merampungkan penghitungannya. Namun tidak bagi PPK Kecamatan Sungai Pinang. Penghitungan suara baru dilakukan Sabtu (19/4) pagi.
Ketua PPK Kecamatan Sungai Pinang Ana Siswanti yang ditemui Sapos kemarin siang menjelaskan, ada keterlambatan penyerahan yang dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kelurahan Sungai Pinang Dalam. Keterlambatan tersebut diakibatkan adanya kesalahan administrasi. Hal yang paling banyak dikeluhkan Ana yakni pengisian form C1. "Pengisian C1 tidak beraturan padahal format tersebut salah satu komponen yang sangat penting dalam penghitungan surat suara," tuturnya.
Karena banyaknya kesalahan yang dilakukan petugas KPPS, mau tidak mau petugas harus kembali membuka C1 Plano dan memeriksa satu persatu. Hal itu sangat penting dilakukan karena berbeda satu suara saja, konflik antara masyarakat bisa terjadi. "Karena itu kami sangat berhati-hati dan terus melakukan pendampingan kepada teman-teman, yang ada di KPPS, PPS dan PPK," ujarnya.
Selain masalah tertib administrasi, Kelurahan Sungai Pinang Dalam (SPD), juga merupakan kelurahan paling gemuk se-Samarinda dengan 95 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dengan jumlah TPS yang banyak itu, maka wajar kalau perhitungan terakhir sampai jam 01.00 Wita, Kamis dini hari kemarin.
"Alhamdulillah bisa sampai jam 1 pagi. Setelah itu, mereka harus menyalin kembali dari C1 Plano ke form C1. Setelah semuanya selesai, giliran PPK yang akan mengadakan penghitungan," ungkapnya.
Untuk penghitungan di PPK Kecamatan Sungai Pinang, Ana mengaku sudah siap. Tinggal menunggu kiriman hasil penghitungan dari Kelurahan Sungai Pinang Dalam. "Sudah ada empat kelurahan yang masuk sejak kemarin (dua hari lalu, Red). Kami menargetkan Sabtu pagi perhitungan sudah bisa dilakukan," pungkasnya. (sal/nin)

Edisi Sapos
  • Jumat, 27 Februari 2015
Search
Advertorial News
2 Hotel Murah Dengan Fasilitas Terbaik di Palembang

Saatnya berlibur bukan berarti waktunya menguras dompet sampai habis-habisan. Ketika…

Copyright @ 2010 Media Link. All Rights Reserved.